Rabu, 23 Agustus 2017

Menginstall Windows Server 2008 dan mengkoneksikan client - server.


Nama : Fauzan Fiqriansyah  
Kelas : XI TKJ 2  
Sekolah : SMKN 13 BANDUNG
Judul : Menginstall Windows Server 2008 dan mengkoneksikan client - server.
Guru :
  • Bu Rita Hartati
  • Pak Kuwat Santoso
Mata Pelajaran : Administrasi Server Jaringan
Tanggal : 13 -08 -2017
  TUJUAN :
  • Mengenal dan memahami Windows Server 2008
  • Memahami cara penginstallan Windows Server 2008 di virtual box
  • Memahami cara mengkoneksikan client ke server
KONSEP DASAR : Windows Server 2008 adalah system operasi jaringan berasis GUI yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Sistem Operasi ini merupakan pengembangannya dari versi sebelumnya dari windows server 2003. Windows server 2008 memiliki kode yang sama dengan windows vista. Karenanya windows server 2008 memiliki artisetur dan fungsionalitas yang sama dengan windows vista, dan hal-hal yang dimiliki windows vista juga dimiliki oleh windows server 2008, Contohnya adalah network stack yang ditulis lagi dari awal (IPv6, Jaringan Wireless, Kecepatan, dan peningkatan keamanan), instalasi yang lebih mudah, dll. Fitur utama yang menjadi keunggulan windows server 2008 ini adalah penyederhanaan tugas administrasi. Kelebihan windows server 2008 itu sendiri yaitu :
  • Windows server 2008 bisa digunakan tanpa GUI juga, yaitu dengan menggunakan powershell.
  • Pengguna dapat memilih fungsi – fungsi yang dibutuhkannya saja atau menambah fungsi – fungsi lainnya, jika membutuhkannya sewktu – waktu tanpa harus menginstall ulang
  • Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi
  • Didesain agar kompatibel dengan system operasi terdahulu seperti MS. DOS, IBM OS/2
  Disini saya akan membahas tentang cara penginstallan windows server 2008 di virtual box. Dan membahas tentang bagaimana cara menghubungkan/mengkoneksikan antar client dengan server? Simak berikut ini.  

LANGKAH KERJA :

CARA MENGINSTALLASI WINDOWS SERVER 2008 DI VIRTUAL BOX

  1. Buka virtual box -> Pilih New -> Masukkan Name -> untuk version, anda bebas untuk memilih system operasi apapun, asalkan pada file iso yang akan kita masukkan haruslah Windows Server 2008.
  2. Lalu pilih ukuran RAM, disini saya menggunakan RAM 1 GB.
  3. Lalu pilih/klik Create a virtual hard disk now pada content hardisk, dan click Create.
  4. Pilih type VDI (Virtual Disk Image) -> Next.
  5. Klik dynamically allocated ->
  6. Pilih ukuran hard disk sesuai kebutuhan anda, disini saya menggunakan hardisk sebesar 25 GB. Lalu klik Create.
  7. Setelah itu, pilih menu settings -> storage -> di storage tree terdapat gambar cd yangbertuliskan Empty lalu klik itu -> dan pada bagian Attributes terdapat gambar cd juga lalu klik cd itu -> Choose virtual optical disk file -> Masukkan file iso windows server 2008nya -> klik Ok.
  8. Klik start -> lalu tunggu sampai muncul seperti gambar berikut.
  9. Pada bagian language to install dan keyboardnya biarkan default saja. Namun yang saya rubah hanyalah pada bagian Time and Currency format saja menjadi Indonesian (Indonesia). Lalu klik Next -> Install Now.
  10. Pada munculan seperti gambar berikut. Hilangkan saja centang pada bagian Automatically Activate Windows when I’m online. Lalu klik next -> klik no.
  11. Pada selanjutnya saya memilih edisi Windows Server 2008 Enterprise (Full Installation). Lalu centang pada bagian I Have selected the Edition of Windows that I purchased -> klik next.
  12. Pada selanjutnya centang I accept the license terms, lalu klik next.
  13. Kemudian pada selanjutnya kita pilih type installation custom karena kita akan mempartisi harddisk tersebut menjadi dua partisi.
  14. Pada bagian partisi, jika kita ingink membaginya kita pilih drive option -> New. Nah, disini saya akan membagi menjadi dua partisi. Saya sarankan pada partition 1(drive C;) harus lebih besar dari partition 2 (drive D;), disini saya akan membaginya 60% untuk drive C; dan 40% untuk drive D; setelah membaginya menjadi dua partisi seperti gambar berikut. Lalu klik next saja.
  15. Kemudian tunggu sampai installasinya selesai.
  16. Pada selanjutnya kalian diperintahkan untuk memasukkan password untuk memasukkan password untuk Administrator. Beba untuk masukkan passwordnya asalkan harus ada huruf capital, karakter, dan angka.
  17. Selamat anda Berhasil Menginstall Windows Server 2008.

Cara Mengkoneksikan Client - Server di Windows Server 2008

Setelah selesai menginstall windows server 2008. Disini saya akan membahas lagi cara mengkoneksikan antara client - server. Saya akan menggunkan Windows Server 2008 di virtual box sebagai server dan OS bawaan PC/laptop sendiri sebagai client. saya menggunakan OS Windows 10 sebagai Client.
  1. Turn off kan Windows Firewall dari kedua OS tersebut. Untuk Windows server cara mereturn-offkan windows server 2008 yautu dengan cara : start -> control panel -> Windows Firewall -> Turn windows firewall on or off -> lalu klik off -> ok.dan cara untik mereturn-offkan firewall di windows 10 yaitu : klik control panel -> system and security -> Windows Firewall -> Turn windows firewall on or off -> Turn off kan windows firewall di private network dan public network -> klik Ok.
  2. Lal setting ip address pada windows server dengan cara : klik start -> control panel -> network dan sharing center -> Manage network connections -> Local Area Connections -> Properties -> IP version 4 -> Use the following Ip address -> masukkan IPnya terserah anda, saya memasukkan IP 192.168.0.7 dan subnetting masknya 255.255.255.0, seperti gambar berikut. Lalu klik OK.
  3. Selanjutnya pada menu di virtual box, klik file -> preferences -> Network -> klik Host - Only Network -> klk 2 kali pada Virtual Host - Only Ethernet adapter -> setting IP lagi, saya memasukkan IP 192.168.0.1 dan subnetting masknya 255.255.255.0 -> klik Ok dan Ok lagi untuk menyimpan settingannya.
  4. Setelah itu klik Device pada menu virtual box -> Network -> di adapter 1 pada bagian attached to pilih Host only Adapter -> lalu klik option advanced -> pada bagian promiscuous Mode pilih allow all dan centang pada bagian cable connected -> klik Ok.5. Setelah itu cek apakah client sama server sudah terhubung dengan cara ping ip kedua ip tersebut di cmd client dan di cmd server. Jika terhubung akan muncul seperti gambar berikut.
6. Selesai Client dan server sudah terhubung   KESIMPULAN Windows Server 2008 adalah system operasi jaringan berasis GUI yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Sistem Operasi ini merupakan pengembangannya dari versi sebelumnya dari windows server 2003. Windows server 2008 memiliki kode yang sama dengan windows vista. Kelebihan windows server 2008 itu sendiri yaitu :
  • Windows server 2008 bisa digunakan tanpa GUI juga, yaitu dengan menggunakan powershell.
  • Pengguna dapat memilih fungsi – fungsi yang dibutuhkannya saja atau menambah fungsi – fungsi lainnya, jika membutuhkannya sewktu – waktu tanpa harus menginstall ulang
  • Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi
  • Didesain agar kompatibel dengan system operasi terdahulu seperti MS. DOS, IBM OS/2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Limit Bandwidth menggunakan Queue Tree pada Mikrotik

Telah kita ketahui untuk perangkat mikrotik memiliki 2 fitur limiter yang fungsional yaitu simple queues dan queues tree. Mikrotik yang me...