Selasa, 22 Agustus 2017

Soal TLJ (Teknologi Layanan Jaringan)

SOAL :
1.       Jelaskan perbedaan standard OSI dengan TCP/IP
2.       Jelaskan penggunaan protocol dalam standard komunikasi berikut : HTTP, SMTP,POP3
3.       Jelaskan perbedaan fungsi TCP dan UDP
4.       Berikan contoh perangkat yang termasuk kedalam OSI layer
5.       Jelaskan apa yang dimaksud dengan frame relay, Ethernet, dan PPP!



Jawaban
1.       Perbedaan OSI Layer dan TCP IP/ :
-          OSI Layer memiliki 7 layer sedangkan TCP/IP memiliki 4 layer
-          3 layer teratas pada OSI layer yaitu application, presentation,dan session layer sedangkan TCP/IP direpresentasikan ke dalam satu lapisan yaitu layer Application.
-          Layer Network Access pada TCP/IP menggabungkan fungsi dari layer datalink dan physical layer
-          TCP/IP layer merupakan “Protokol Spesific” sedangkan OSI layer adalah “Protocol Independent”.
-          TCP/IP lebih sederhana dengan 4 layer
-          TCP/IP mengkombinasikan data link dan physical layer OSI ke dalam OSI layer.
2.       Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

Simple Mail Transfer Protocol atau SMTP digunakan untuk berkomunikasi dengan server guna mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini dikontrol dengan Mail Transfer Agent (MTA) yang ada dalam server email Anda.

POP3 (Post Office Protocol 3) adalah versi terbaru dari protokol standar untuk menerima email. POP3 merupakan protokol client/server dimana email dikirimkan dari server ke email lokal. Digunakan untuk berkomunikasi dengan email server dan mengunduh semua email ke email lokal (seperti Outlook, Thunderbird, Windows Mail, Mac Mail, dan sebagainya), tanpa menyimpan salinannya di server. Biasanya, dalam aplikasi email terdapat pilihan untuk tetap menyimpan salinan email yang diunduh pada server atau tidak.
Port POP3 Default :
-          Port 110 – Port tanpa dienkripsi
-          Port 995 – Port SSL/TLS, nama lainnya POP3S
3.       Ada banyak hal yang bisa dijadikan penilaian utama, salah satunya adalah keunggulan. Mengapa TCP bisa diandalkan? Karena dapat mengirim pesan sekali lagi ketika sambungan terputus tiba-tiba, namun tanpa membuat proses transfer data “corrupt”. Pengiriman data dalam jumlah besar dilakukan secara urut atau satu per satu dengan resiko kesalahan minim. TCP berorientasi pada sambungan sehingga harus ada sesi koneksi terlebih dahulu.
4.       Layer 1 :
-          -  Kartu jaingan
-    Multiplexer
- HUB (Passive and Active)
-  TDR
- Oscilloscope
-  Amplifier
- Repeater

Layer 2:
- Bridge
- Wifi Card
- Switch
- ISDN Router
- Intelligent HUB
- NIC (Network Interface Card)
- Advanced Cable Tester

Layer 3:
-          Router
-          Switch layer 3
Layer 4 :
-          Router yang memiliki fungsi tambahan sebagai firewall.

5.       Frame relay adalah cara mengirimkan informasi melalui wide area network (WAN) yang membagi informasi menjadi frame atau paket. Masing-masing frame mempunyai alamat yang digunakan oleh jaringan untuk menentukan tujuan. Frame-frame akan melewati switch dalam jaringan frame relay dan dikirimkan melalui “virtual circuit” sampai tujuan.
Ethernet
Ethernet merupakan jenis perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Ethernet merupakan sebuah teknologi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai interface yang digunakan untuk konektivitas perangkat komputer maupun laptop, hampir di setiap jaringan LAN (Local Area Network) di seluruh dunia.



Network - Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link (layer 2)  dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan.



DAFTAR PUSTAKA :

http://dede-note.blogspot.co.id/2013/09/osi-layer-dan-perangkat-jaringan.html

1 komentar:

  1. Tambahkan kata-kata/pendapat kamu mengenai materi tsb ya.. atau bisa juga disimpulkan di akhir jawaban.

    BalasHapus

Limit Bandwidth menggunakan Queue Tree pada Mikrotik

Telah kita ketahui untuk perangkat mikrotik memiliki 2 fitur limiter yang fungsional yaitu simple queues dan queues tree. Mikrotik yang me...